PENANGKAL PETIR KONVENSIONAL



Sebuah rangkaian jalur kabel tembaga yang difungsikan sebagai jalan aliran petir menuju permukaan bumi. Batang penangkal petir berupa tembaga murni berbentuk runcing yang dipasang pada bagian tertinggi sebuah bangunan atau gedung. Kemudian batang tersebut dihubungkan dengan kabel BC atau kabel konduktor  yang terbuat dari tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari batang penangkal petir menuju ke permukaan bumi. Kabel ini dipasang atau ditarik melalui dinding luar bangunan. Selanjutnya kabel tersebut dihubungkan dengan batang  pembumian atau grounding atau biasa kita dengar dengan istilah arde.


Grounding ini menggunakan batang tembaga berlapis baja dengan diameter 1,5 cm dan panjang antara 2 sampai 3 m.


Berdasarkan teknologinya, Penangkal Petir Konvensional dibedakan menjadi dua tipe :


1. Tipe Franklin


Namanya diambil dari nama Benjamin Franklin, salah satu Founding Fathers-nya USA. Tidak disangka selain sebagai politikus ulung, Ben Franklin ternyata adalah penemu Penangkal Petir. Penangkal Petir tipe Franklin ini adalah penangkal petir yang paling sederhana jenisnya dan hampir tidak ada perubahan dari pertama dibuat. Tipe ini menggunakan Jalur Kabel Tunggal untuk menyalurkan arus listrik yang diterima tombak penangkal petir ke ground/pembumian. 

 


2. Tipe Faraday


Dari namanya sendiri Tipe Faraday System (sangkar Faraday) ditemukan oleh  Michael Faraday, Penemu terkenal dari Inggris.“Penemu Penangkal Petir Sangkar Faraday”.

Cara kerjanya adalah menyalurkan arus listrik yang diterima dari ujung tombak, melalui kabel-kabel konduktor yang dibuat sedemikian rupa, sehingga partikel bermuatan dalam arus listrik (proton, elektron) akan bertabrakan dengan medan elektromagnet yang diciptakan konduktor-konduktor tadi, untuk kemudian disalurkan ke tanah/ground. Akibatnya adalah, medan listrik didalam ruangan akan tetap netral sehingga apabila terjadi sambaran petir normal, kerusakan alat-alat listrik dalam rumah/gedung dapat diminimalisir.

 

Dari 2 tipe penangkal petir diatas, dapat diketahui bahwa Sistem Penangkal Petir Konvensional bersifat pasif, atau menunggu untuk disambar kemudian menyalurkan seluruh energinya ke tanah. Kekurangan dari sistem pasif ini adalah kemampuannya yang terbatas untuk melindungi rumah/bangunan anda. Bisa jadi petir menyambar sekeliling rumah anda dan induksi petirnya akan mengakibatkan bahaya seperti kebakaran, alat listrik rusak atau bahkan meledak. 




Gambar Instalasi Penangkal Petir Konvensional












penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah, penangkal petir, penangkal petir konvensional, penangkal petir murah, penangkal petir rumah,  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENANGKAL PETIR