HARGA PENANGKAL PETIR

 



Untuk mengetahui berapa harga penangkal petir sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu beberapa hal peting dalam instalasi penangkal petir, diantaranya Head penangkal petir, Kebel Konduktor, dan Grounding System. Tiga bagian ini tidak dapat dipisahkan dalam sebuah instalasi penangkal petir. Kita akan membahas ketiga elemen ini terlebih dahulu sebelum masuk kedalam harga penangkal petir.



1.   Head Penangkal Petir


Head Penangkal Petir terbagi menjadi  beberapa jenis, Diantara nya sebagai berikut :


A. Penangkal Petir Elektrostatis


Penangkal petir Elektrostatis merupakan pengembangan dari penangkal petir konvensional, penangkal petir konvensional yang bersifat pasif hanya dapat menyalurkan petir yang menyambar pada tumbak penangkal petir yang terbuat dari bahan tembaga , sedangkan penangkal petir elektrostatis yang dikembangkan dan didesign sedemikian rupa untuk menangkap petir dengan jarak tertentu, sampai dengan saat ini diketahui radius penangkal petir elektrostatis mulai dari jarak 30 meter hingga jarak 150 meter. 


Dewasa ini banyak sekali head penangkal petir yang sudah menyebar diseluruh penjuru dunia, khususnya di Indoensia. Beberapa perusahaan di Indonesia juga sudah bisa membuat atau memproduksi head penangkal petir elektrostatis.

 

Berikut beberapa merk head penangkal petir elektrostatis buatan dalam negeri ( Indonesia) :

 

1.     Penangkal Petir Viking

2.     Penangkal Petir Kurn

3.     Penangkal Petir Evo Franklin

4.     Penangkal Petir Flash Vektron

5.     Penangkal Petir Current

6.     Penangkal Petir Thomas

7.     Penangkal Petir Gent

8.     Penangkal Petir Orion

9.     Penangkal Petir Neo Flash

10.   Dan lain lain.



Semua merk ini mengeluarkan beberapa varian radius atau jarak penangkapan petir, mulai dari jarak 30 meter sampai dengan jarak 150 meter. Selain merk lokal ini masih banyak pula head penangkal petir buatan luar negeri.


Untuk instalasi penangkal petir elektrostatis ini juga terbagi menjadi 2 bagian, diantaranya :


1.   Instalasi diatas bangunan

Instalasi diatas bangunan yaitu pemasangan tiang penangkal petir diatas sebuah bangunan, dipasang pada bagian tertinggi sebuah bangunan. Selain penangkal petir elektrostatis system penangkal petir konvensional juga sama, dipasang pada sebuah bangunan, bahkan untuk penangkal petir konvensional hanya dapat dipasang diatas bangunan. 

Untuk instlasi diatas bangunan hanya memerlukan penambahan tiang, tiang ini biasanya menggunakan pipa galvanis setinggi 4 sampai 6 meter menyesuaikan dengan kondisi bangunan.

 

2.   Instalasi Tiang Tunggal

Instalasi tiang tunggal yang dimaksud disini adalah pemasangan head penangkal petir dengan tiang yang berdiri dari dasar tanah, artinya instalasi ini tidak bergantung pada sebuah bangunan. Instalasi ini bisa dibagi dalam dua type tiang, yang pertama dengan menggunakan pipa galvanis, dan yang kedua menggunakan tiang triangle, hanya saja untuk tiang triangle ini membutuhkan luas area yang cukup besar, karena kekuatan dari tiang triangle ini berada pada selling yang dikaitkan pada tiang untuk menopang tiang dari terpaan angin agar tidak tumbang. 

 


 

B.   Penangkal Petir Konvensional


Penangkal petir konvensional adalah system penangkal petir yang pertama kali ditemukan oleh Benjamin Franklin, Benjamin Franklin mengamati sebuah petir yang menyambar kepermukaan bumi dan menyambar bagian terbuka dan merupakan konduktor. Dari pengamatan ini Benjamin menciptakan penangkal petir konvensional dengan menggunakan tembaga yang berbentuk runcing keatas kemudian menghubungkan tembaga tersebut kedalam tanah untuk menetralisir arus listrik dari sambaran petir tersebut kedalam tanah.

 

Instasi penangkal petir konvensional ini pada umumnya digunakan diatas sebuah bangunan, karena sifatnya pasif maka tumbak tumbak yang digunakan cukup banyak kemudian disambungkan secara pararel dari tumbak satu ketumbak lainnya kemudian di hubungkan kedalam tanah melalui kabel konduktor.

 

 



2. Kabel Konduktor

 

Kabel konduktor adalah kabel yang menghubungkan antara head penangkal petir dengan grounding, kabel ini ditetapkan pemerintah minimal menggunakan kabel 50 mm, untuk penangkal petir konvensional kabel yang digunakan biasanya kabel BC, sedangkan untuk penangkal petir elektrostatis kabel yang digunakan kabel NYY atau kabel kabel tertutup lainnya sesuai dengan keinginan client. 

 

Pada dasarnya kabel tertutup atau kabel telanjang tidak masalah,hanya saja kabel tertutup pastinya akan lebih aman jika dibandingkan dengan kabel telanjang, yang menjadi konsentrasi sebenarnya pada besaran kabel, pemerintah menetapkan minimal kabel yang digunakan adalah sebesar 50 mm mengingat sambaran petir ini bisa saja memiliki kekuatan daya ratusan ribu watt bahkan lebih.

 

 

 

3.  Grounding System


Grounding system adalah suatu system untuk menetralisir arus listrik, baik yang sumbernya dari listrik ataupun dari petir, grounding system merupakan elemen penting dalam instalasi penangkal petir karena grounding system ini lah yang akan menetralisir arus listrik dalam petir yang diterima oleh head penangkal petir. Pemerintah juga telah menetapkan grounding system ini harus bernilai maksimal 5 ohm, semakin kecil nilai grounding maka instalasi akan semakin bagus karena semakin kecil nilai grounding maka arus listrik dari petir akan lebih cepat mengalir kedalam tanah untuk dinetralisir.

 




 

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa :

 

1.   Penangkal Petir Elektrostatis lebih mahal dibandingkan penangkal petir konvensional.


2.   Harga penangkal petir elektrostatis beraneka ragam tergantung pada head yang digunakan dan instalasi yang digunakan.


3.   Instalasi Tiang tunggal jauh lebih mahal dibandingkan instalasi diatas bangunan. Karena instalasi tiang tunggal atau tower triangle jelas membutuhkan material lebih banyak dibandingkan instalasi diatas bangunan.


4.   Harga instalasi penangkal petir tidak dapat langsung disebutkan nilainya, karena terlalu banyak pilihan dalam sebuah instalasi penangkal petir, semua tergantung kebutuhan client.


5.   Untuk dapat mengetahui harga penangkal petir sesuai dengan kebutuhan anda silahkan hubungi kami pada nomor handphone yang tertera diatas.














penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penyalur, anti, grounding, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester, penangkal, petir, bandung, penyalur, anti, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, bandung, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester,penangkal, petir, bandung, penyalur, anti, grounding, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, bandung, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester. penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir, penangkalpetirbandung, penangkalpetir,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENANGKAL PETIR