INDONESIA NEGERI KAYA PETIR

 


Dikutip dari keterangan BMKG pada bulan Maret 2017, Indonesia jika ditotal mengalami ratusan ribu gelegar halilintar atau petir. Di Jawa Barat dan DKI Jakarta saja, total kejadian petir atau halilintar mencapai lebih dari 60.000 kali. Demikian juga di bulan Februari 2017. Kejadian petir atau halilintar di DKI Jakarta dan sekitarnya lebih dari 60.000 kali dan di Jawa Barat antar 45.000 sampai dengan 60.000 kali.


Wilayah lain dengan tingkat kejadian petir tinggi pada Februari dan maret tahun 2017 adalah di kota Medan, Sumatera selatan bagian barat dan Sulawesi Tenggara. Peneliti petir atau Halilintar dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat mengungkapkan sebagai negara tropis tingkat kejadian petir di Indonesia memang tinggi. Bisa 24 kejadian per kilometer per hari. sebagai perbandingan, Florida yang di Amerika Serikat tertinggi hanya 12", katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/4/2017).


Wilayah Indonesia dengan tingkat kejadian halilintar atau petir tinggi misalnya Depok dan Bogor. Sebabnya, dua wilayah itu berada di lereng gunung dan dekat laut. Di lereng gunung dan dekat laut, konveksi berlangsung cepat dan membentuk awan kumulonimbus sehingga potensi petir tinggi. 


Ini Penjelasannya, wilayah lain yang punya tingkat kejadian petir tinggi adalah yang berada di dekat selat. "Misalnya Riau dan Jambi," kata Syarif. Di wilayah selat yang area perairannya relatif sempit, konveksi cepat dan menyebar ke daratan sekitarnya sehingga tingkat petir tinggi. Berada di negeri petir, warga Indonesia harus mewaspadai bila tak ingin tersambar. Sejumlah langkah sederhana bisa dilakukan untuk mengantisipasi petir


•          Terdapat hutan hujan tropis yang luas
•          Curah hujan tinggi
•          Kelembaban udara yang tinggi
•          Sinar matahari sepanjang tahun
 
Letak Astronomis Indonesia adalah 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Jika dilihat dari posisi astronomis Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi.
 
Indonesia berada di kawasan tropis, hal ini membuat Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun yaitu musim kemarau dan hujan. Negara-negara yang memiliki iklim tropis pada umumnya dilimpahi alam yang luar biasa. Curah hujan tinggi akan membuat tanah menjadi subur. Flora dan fauna juga sangat beraneka ragam.
 
Sedangkan pengaruh dari letak dilihat dari garis bujur, maka Indonesia memiliki perbedaan waktu yang dibagi menjadi tida daerah waktu yaitu Indonesia bagian timur (WIT), Indonesia bagian tengah (WITA), dan Indonesia bagian barat (WIB).
Letak geografis ditentukan berdasarkan posisi nyata dibanding posisi daerah lain. Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Posisi Indonesia sangat setrategis dan penting dalam kaitannya dengan perekonomian. 
Indonesia berada persimpangan lalu lintas dunia.Letak geografis merupakan salah satu determinan yang menentukan masa depan dari suatu negara dalam melakukan hubungan internasional. Meski untuk sementara waktu diacuhkan, kondisi geografis suatu negara sangat menentukan peristiwa-peristiwa yang memiliki pengaruh secara global. Robert Kaplan menuturkan bahwa geografi secara luas akan menjadi determinan yang mempengaruhi berbagai peristiwa lebih dari pada yang pernah terjadi sebelumnya (Foreign Policy, May/June, 09).
 
Letak geologis adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologinya. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah, yaitu :


1. Daerah dangkalan Sunda
2. Daerah dangkalan Sahul
3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul


Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut daerah Wallace. Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda.
Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.
Akibat dari letak geologis Indonesia tersebut adalah:
1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
2. Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya  dalam.
3. Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
4. Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
5. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.











 

 

penangkal, petir, bandung, penyalur, anti, grounding, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, bandung, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester, penangkal, petir, bandung, penyalur, anti, grounding, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, bandung, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester,penangkal, petir, bandung, penyalur, anti, grounding, elektrostatis, radius, konvensional, penangkal, petir, eksternal, internal, proteksi, hujan, guntur, halilintar, air, revolusi, petir, head, tembaga, ohm, pjk3, disnaker, instalasi, penangkal, petir, tanah, arde, pembumian, listrik, mekanikal, elektrikal, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, bandung, petir, bandung, penangkal petir bandung, penangkal petir indonesia, penyalur petir bandung, anti petir bandung, perlindungan, hujan, cuaca, konvensional, grounding, system, bcc, kabel, evo franklin, tiang penyanggah, izin disnaker, grounding, ohm, tester, tahanan, tanah, arde, klem, penangkal, petir, penyalur, petir, anti, petir, elektrostatis, konvensional, surge, arrester.

penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir, penangkal petir, penyalur petir, anti petir, grounding, penangkal petir, penangkalpetir, antipetir, penyalurpetir.

Tidak ada komentar:

PENANGKAL PETIR